Subhanallah

Subhanallah

Kamis, 20 Desember 2012

Pengelolaan Usaha Perkebunan

Usaha perkebunan merupakan usaha primer, sangat variatif dan sangat tergantung pada komoditas yang diusahakan. Pengelolaan usaha perkebunan mencakup : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, pengevaluasian, pengendalian

Perencanaan produksi meliputi:
1. penentuan komoditas
2. pemilihan lokasi dan penempatan fasilitas
3. skala usaha pertanian
4. perencanaan proses produksi pertanian

Perencanaan Komoditas Pertanian : komoditas prioritas utama adalah tanaman bernilai ekonomi tinggi dengan pertimbangan pemasaran. pertimbangan selanjutnya yang tak kalah penting adalah kesesuaian dengan lokasi produksi dan wilayah pemasaran. komoditas terpilih kemudian dipilih varietasnya yang sesuai dengan kondisi topografi dan iklim lokasi perencanan.

Pemilihan lokasi dan penempatan fasilitas :pertimbangan dalam pemilihan lokasi produksi adalah 1) ketersediaan tenaga kerja, 2) ketersediaan prasarana dan sarana fisisk penunjang, 3) lokasi pemasaran, 4) ketersediaan intensif wilayah, 5) kesesuaian lahan terhadap syarat tumbuh komoditi.

Skala usaha tani : pertimbangan luasan lahan yang akan diusahakan

Perencanaan Proses Produksi Pertanian : apakah pertanian dilakukan dalam jangka pendek atau panjang. perlu suatu penyusunan kasar pada praperencanaan yang meliputi : komoditas apa yang harus diusahakan, lokasi mana yang akan diusahakan, pertimbangan fasilitas dan skala usaha --> rencana spesifik menyangkut kebutuhan inpit-input serta kelengkapan produksi.

Poin Besar dalam perencanaan proses produksi:
- penjadwalan proses produksi
- biaya produksi
- perencanaan pengadaan input dan sarana produksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

diharapkan masukannya, agar lebih baik lagi ^_^,,